Sejarah Desa Kahayya

Main Posts Background Image

Main Posts Background Image

Tuesday, September 17, 2019

Sejarah Desa Kahayya

Desa Kahayya terlihat dari salah satu puncak. Photo by Mering
Desa Kahayya. Desa Kahayya merupakan desa Pemekaran dari Desa Kindang Kecamatan Kindang yang baru diresmikan pada bulan Juni tahun 2012. Sebagai desa pemekaraan, desa Kahayya masih dililit berbagai persoalan mendasar diantaranya adalah sarana transportasi/aksesibilitas menuju desa Ttsebut.

Berdasarkan hasil koordinasi dan data Dinas Kehutan dan Perkebunan Kabupaten Bulukumba, seluruh Desa Kahayya dahulunya berada dalam kawasan hutan (fungsi lindung).  Masyarakat mengklaim bahwa lahan garapanya adalah milik nenek moyang sejak zaman belanda dan kerajaan Sultan Alauddin. Lahan garapan tersebut diwariskan secara turun temurun hingga saat ini. Sedangkan masyarakat baru mulai membayar pajak (PBB) di Tahun 1991. 

Awal mula proses envlace terjadi pada tahun 1996, dimana dilakukan pengukuran untuk proses enclave di Desa Kahayaa. Total luasan yang telah di enclave di desa tersebut berdasarakan data kehutanan seluas 241 ha. Menurut keterangan kepala Desa Kahayya Abdul Rahman bahwa kurang lebih luasan yang di-enclave untuk pemukiman saat itu seluas 14.68 ha dan sisanya adalah untuk lahan pertanian, peternakan, perkebunan serta sarana prasana Desa.  

Hasil enclave yang dilakukan tahun 1996 tersebut tidak semuanya mengcover wilayah desa. Sedangkan sebagian besar lahan pertanian masyarakat masih bertatus hutan Negara, hal serupa juga dikemukakan  Kepala Desa Kahayya ABD RAHMAN.
  
Peta Desa Kahayya
Berdasarkan administrasinya, Desa Kahayya yang terdiri atas 3 Dusun yaitu dusun Tabuakkang, Dusun Gamaccaya dan Dusun Kahayya sebagai ibu kota Desa  berada pada ketinggian 700 - 1.800 mdpl. Akses menuju desa kahaya dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan Roda 2 dan berjalan kaki dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam dari batas desa.

Jumlah penduduk desa Kahayya 1.245 Jiwa atau 314 KK yang tersebar di dusun Gamaccayya 348 jiwa (81KK), dusun Tabuakkang 501 Jiwa (130 KK) dan dusun Kahayya 396 Jiwa (103 KK) yang menempati luas wilayah desa 1.468 Ha

Sarana dan Prasarana pendidikan adalah sekolah SATAP (SD 350  dan SMP 40) Kahayya, jumlah siswa yang bersekolah di sekolah SATAP tersebut sebanyak 146 Orang yang terbagi atas tingkat SD sebanyak 101 orang dan tingkat SMP sebanyak 36 Orang. Jumlah tenaga pengajar yang tersedia sebanyak 10 orang Sarana Kesehatan yang ada berupa poskesdes dan 3 unit posyandu dengan jumlah tenaga kesehatan yang tersedia hanya 1 orang dukun bayi.


Mata pencaharian utama penduduk desa Kahayya adalah di sektor pertanian dengan komoditas utama berupa cengkeh, kopi, tembakau dan jagung. Untuk lokasi bercocok tanam sebagian masyarakat menggarap lahan kawasan hutan yang terdapat di sekitar wilayah desa. Hal ini terjadi karena desa kahayya yang pada awalnya dusun adalah lokasi yang di enclave dari kawasan hutan lompobattang, sehingga wilayah desa tersebut hampir keseluruhannya berbatasan dengan hutan.



Error 404

The page you were looking for, could not be found. You may have typed the address incorrectly or you may have used an outdated link.

Go to Homepage